Apakah Minyak Kelapa Sawit Bisa Ikut Terkerek Perubahan Harga Minyak Dunia?

By , in Beranda on .

Sebagai produsen dan eksportir utama minyak kelapa sawit dunia, perubahan pada harga minyak juga akan berpengaruh terhadap permintaan minyak kelapa sawit dalam negeri. Sebagai bahan dasar dalam produksi biofuel yang merupakan alternatif bahan bakar selain minyak, peningkatan harga minyak akan berdampak pada permintaan bahan bakar minyak alternatif atau bahan bakar minyak nabati.

Mengingat ketegangan politik perdagangan yang terjadi antara Amerika dan China yang turut berimbas pada perdagangan secara global, khususnya negara seperti Indonesia dimana partner dagang utama adalah kedua negara tersebut. Membuat setiap langkah penerapan kebijakan pada kedua negara tersebut akan berimbas pada perdagangan kedua negara.

Selain harga minyak dunia, kebijakan pemerintah dalam negeri dan pemerintah Malaysia terkait perdagangan, khususnya kelapa sawit (tarif ekpor, dll) juga akan berpengaruh terhadap harga minyak kelapa sawit. Selain itu, naik turunnya nilai tukar Rupiah juga dapat berpengaruh terhadap minyak kelapa sawit.

Kompetisi di pasar global juga dapat menjadi pemicu perubahan harga minyak kelapa sawit. karena selama ini bahan baku minyak nabati seperti kacang kedelai juga menjadi subtitusi dalam penggunaan kelapa sawit sebagai bahan baku dasar minyak nabati. Perubahan harga minyak nabati lain akan berdampak pada harga minyak kelapa sawit.

Perubahan harga minyak kelapa sawit dapat di antisipasi dengan mengetahui perkembangan perekonomian secara global maupun nasional. Hal ini penting agar perencanaan dalam kegiatan perdangangan yang melibatkan negara lain dapat berlangsung lebih baik, atau secara khusus dapat memberikan keuntungan yang lebih besar.

Recommended articles