Harga Spot Minyak Kelapa Sawit Selama September 2018

By , in Beranda on .

Data didapatkan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan menunjukkan harga spot minyak kelapa sawit di pasar Medan selama bulan September 2018 menunjukkan tren yang cenderung turun. Meskipun sempat memperlihatkan tren yang baik selama minggu pertama dan minggu kedua setelah harga di akhir bulan Agustus mengalami penurunan drastis. Di beberapa minggu selanjutnya, tren harga kembali menurun.

Kenaikan harga pada awal bulan September diduga karena adanya peningkatan permintaan minyak sawit mentah untuk kebutuhan industri produsen ataupun distributor solar.  Kenaikan permintaan ini mungkin disebabakan oleh terbitnya Kepmen ESDM Nomor 1936 K/10/MEM/2018 tentang pengadaan bahan bakar nabati jenis biodiesel untuk pencampuran jenis bahan bakar minyak umum periode September-Desember 2018.

Dengan meningkatnya permintaan tanpa diiringi dengan meningkatnya penyediaan akan membuat harga meningkat karena keterbatasan dari sisi penyediaan. Setelah permintaan terpenuhi, harga akan kembali normal karena kebutuhan pasar tidak lagi besar seperti awal bulan. Jika melihat pada grafik harga minyak sawit selama bulan September, trennya justru semakin menurun.

Harga tertinggi selama September 2018 terjadi pada tanggal 4, dimana harga mencapai 7.697 Rupiah per kilogram. Sementara harga terendah terjadi pada tanggal 28, dimana harga turun sampai 12 persen dibandingkan harga tertinggi pada bulan itu. Bahkan harga ini lebih rendah dibandingkan dengan harga terendah selama Agustus. Dibandingkan dengan harga pada hari yang sama di bulan yang sama pada tahun lalu, harga minyak kelapa sawit mentah pada akhir bulan September 2018 lebih rendah 23 persen.

Recommended articles