Top 15 Negara Tax Haven 2018

By , in Beranda ILLICIT FINANCIAL on . Tagged width: , ,

Swiss menjadi surga bagi orang-orang atau perusahaan yang mencari tax haven. Menurut Tax Justice Network, organisasi independen yang menganalisa tax haven dengan menggunakan berbagai indikator, Swiss menempati posisi pertama dalam hal kerahasiaan keuangan di publikasi mereka awal tahun 2018. Melebihi Amerika Serikat, Cayman Islands, dan Hong Kong dalam hal skala dan kerahasiaan aktivitas keuangan offshore.

Menurut estimasi Tax Justice Network, ada sekitar 21 hingga 32 triliun dollar AS kekayaan orang-orang super kaya yang berada di yurisdiksi suaka pajak atau tax haven di seluruh dunia. Mereka tidak dikenakan pajak atau dikenai pajak ringan. Transaksi keuangan illegal lintas batas negara diestimasi mencapai 1 hingga 1,6 triliun dollar AS per tahun.

Dalam laporan Swiss Bankers Association (SBA) tahun 2018, perbankan di Swiss mengelola asset dengan nilai 6,65 triliun CHF, di mana 48 persen nya berasal dari luar Swiss. Hal ini menjadikan Swiss sebagai pengelola asset internasional terbesar dengan porsi 25 persen dari total pasar.

Berikut adalah daftar peringkat 15 negara tax haven menurut Financial Secrecy Index 2018:

  1. Switzerland
  2. USA
  3. Cayman Islands
  4. Hong Kong
  5. Singapore
  6. Luxembourg
  7. Germany
  8. Taiwan
  9. United Arab Emirates (Dubai)
  10. Guernsey
  11. Lebanon
  12. Panama
  13. Japan
  14. Netherlands
  15. Thailand