Apa itu Tax Haven?

By , in Beranda Tax Haven Countries on . Tagged width: ,

Tax haven adalah wilayah atau negara yang menawarkan pajak rendah atau bahkan tidak sama sekali kepada individu atau perusahaan yang berasal dari luar negeri. Tax Haven kerap disebut juga sebagai Tax Heaven atau surga pajak, karena mengacu pada kenikmatan yang dirasakan pelaku dari pajak yang rendah atau ketiadaan beban pajak yang seharusnya dibayar.

Maksud dari kebijakan Tax Haven yang dilakukan oleh suatu negara atau wilayah adalah untuk menarik modal masuk dari luar negeri dengan cara mengalihkan pendapatan dari wajib pajak negara lain ke negara atau wilayah tersebut.

Individu atau perusahaan mendapatkan manfaat dari adanya kebijakan ini dengan melakukan penghematan pajak atau efisiensi dari beban pajak yang seharusnya dibayar. Dengan menyimpan dana di negara atau wilayah yang menerapkan beban pajak yang rendah atau sama sekali tidak ada kepada wajib pajak luar negeri. Individu atau perusahaan akan mendapatkan keuntungan karena tidak perlu membayar beban pajak yang tinggi di negara asalnya.

Individu atau perusahaan yang memanfaatkan Tax Haven yang ada di beberapa negara memiliki kesan melakukan pengelakan pajak atau melakukan penghindaran terhadap beban pajak dari negara asalnya.